Welcoming April


Sepanjang hidupku, April selalu menjadi bulan terfavorit. Tentu saja, alasan pertamanya adalah karena di bulan April-lah aku dilahirkan, dan sepanjang hidupku aku selalu menantikan kedatangan hari ulang tahun yang terletak di penghujung bulan itu, 29 April. Mungkin sebagian orang akan mengatakan, “Hai, Dina! Ulang tahun itu tidak ada di dalam Islam!” Hehe. Tenang, aku tidak bermaksud mengelu-elukan hari itu, atau mendewakannya. Hanya saja, hari itu selalu mengingatkanku agar aku menjadi orang yang lebih bersyukur. Bahwa aku telah diberikan usia sekian tahun, dengan berbagai nikmatNya. Mengingat hari itu, menjadikanku juga mengingat betapa besar jasa Mama yang dengan susah payah menahan sakit ketika hendak melahirkanku. Mama, yang sebelumnya telah melahirkan abangku secara SC, berharap kala itu dapat melahirkan anak keduanya pervaginam, karena jarak kehamilan ini selisih 2 tahun dengen kehamilan pertama. Jarak kelahiran yang cukup untuk memungkinkan Mama menjalani VBAC (vaginal birth after cessarian). Namun ternyata taksiran berat janin yang akan lahir kurang tepat, hingga mengharuskan mama kembali menjalani SC a.i. panggul sempit. Maka lahirlah aku, dengan berat 3,6 kg dan panjang 51 cm di tanggal 29 April 1992. Tanggal itu juga mengingatkanku akan sisa jatah yang tak pernah ku tahu pasti hingga kapan. Maka sudah sepatutnya aku menjadi orang yang lebih baik, lebih baik, dan lebih baik lagi.

Begitulah… Sepanjang hidupku, April selalu menjadi bulan terfavorit.

Tidak hanya itu, aku juga suka April karena “bunyi”nya yang indah. Kata “April” mengandung aura feminim yang anggun yang tak dapat kuungkapkan dengan kata-kata. Aku suka mendengarnya. Aku suka menyebutkannya. Maafkan aku yang memang memiliki kecenderungan aneh menyukai sesuatu hanya karena sesuatu itu memiliki nama yang indah. Misalnya, bunga Lili. Jarang sekali aku melihat dengan mata kepalaku sendiri bunga yang cantik ini. Tapi sejak pertama kali mendengar kata “Lili” sewaktu pemilihan nama kelompok pramuka di SD, aku langsung jatuh cinta, dan memilih “Lili” sebagai nama kelompokku. Sampai kini, jika ditanya apa bunga kesukaanku, maka aku akan menjawab dengan pasti, bunga Lili. Tanyakan alasannya, maka akan kujawab dengan pasti pula, karena namanya indah…🙂

Dan insya Allah, dalam waktu kurang dari 7 hari lagi, aku akan menambahkan 1 lagi poin penting dalam daftar Alasan-Mengapa-Aku-Menyukai-Bulan-April. Ya, karena insya Allah di bulan April, less than a week, aku akan menyempurnakan separuh agamaku. Insya Allah, aku akan menjadi seorang istri dari seseorang yang Allah takdirkan untuk mengimamiku. Satu fase penting dalam hidupku, yang bahkan sampai detik ini masih terasa seperti mimpi. Mudahkanlah Ya Allah… Aamiiin…

Dan setelah itu, insya Allah, di bulan April 2015 ini jugalah, aku akan diperbolehkan menuliskan dua huruf tambahan untuk memperpanjang namaku, menjadi dr. Dina Fitri Fauziah. Alhamdulillah, ujian UKMPPD Februari 2015 kemarin telah kulalui, dan alhamdulillah Allah memberikan nikmat kelulusan kepadaku dan teman-temanku. Satu lagi fase penting dalam hidupku, insya Allah akan kulalui di bulan April.

So, here I am, welcoming my favorite month, April.🙂

2 thoughts on “Welcoming April

Leave a Reply

