Kembali.


Di sini, kita seharusnya menyeru. Ada yang kita serukan. Menyeru, pada kebaikan…

Di sini, kita seharusnya mencegah. Ada yang harusnya kita cegah untuk terjadi. Cegah keburukan-keburukan itu…

Namun, entah aku sendiri, entah kita semua, entah hanya segelintir saja…

Terkadang ada satu sisi ketamakan hati, yang aku memang sangat malu sekali memperlihatkannya dan mengakuinya…

Bahwa memang, seruan itu hanya sekali-sekali saja…

Dan pencegahan itu, ah mungkin hanya hitungan jari di tangan saja…

Dan selebihnya, bertahun-tahun ini, mungkin aku, ataukah kamu, ataukah kita, hanya sibuk bermain rupa.

Memainkan suatu peran, yang dibungkus dalam judul “kesempurnaan”

Bersama membangun suatu tokoh, citra, bahwa memang yang seharusnya seperti ini.

Tak ada yang salah dengan itu. 

Yang salah adalah ketika kita beranjak tua, dan sisa umur yang tersedia yang jelas semakin berkurang, dan yang kita dapati hanyalah seruan yang beberapa saja, dan pencegahan yang bisa kita hitung dengan jari di tangan saja.

Tak ada benar-benar kita menyeru.

Tak ada benar-benar kita mencegah.

Lebih banyak sibuk dengan drama.

Bermain rupa, memainkan peran tokoh penuh citra.

Aku tak bicara tentang engkau. Aku bicara tentang aku.

Tapi jikalau satu sisi hatimu membenarkan, cukuplah, marilah, kita bersama berhenti di detik ini, sudahi semua ini.

Lalu benar-benar berupaya, menyeru, dan mencegah.

Dan kita takkan sempurna. Takkan bisa kita sempurna. 

Namun setidaknya, kita sedang berusaha, menambah pundi-pundi amal yang akan kita bawa.

Aku takut, sungguh aku takut.

Karna apa yang kubawa mungkin hanya hitungan jari saja.

Aku takut, benar-benar aku takut ya Allaah…

Ampunilah hamba, Ya Allah…

Astaghfirullah…

Aku akan mulai menyeru, mencegah, dari mengistiqamahkan, seseorang yang paling dekat denganku, yaitu diriku sendiri.

Bismillah…

Leave a Reply

