A girl named Lani… My very best friend… :)


Bismillahirrahmaanirrahiim….

Memulai sesuatu memang selalu ada tantangannya. Seperti saat ini, bahkan untuk memulai menulis saja, aku bingung. Bingung mesti mulai dari mana. Bingung mesti bikin pembukaan seperti apa.

Ya, mungkin aku akan mulai bercerita dari sini saja..πŸ™‚

Kemarin, Lani membuat sebuah tulisan yang, yah, sangat manis.πŸ™‚ Aku bingung mencari kata yang sesuai. Sesuatu yang membuatmu tersenyum-senyum, merasa bahagia, bersyukur, dan kemudian terharu, bukankah itu sesuatu yang manis? Mohon koreksi aku jika aku salah..πŸ™‚

*ini tulisannya, ada 3 part: Part 1 | Part 2 | Part 3 ^^

Aku sudah tahu kalau Lani memang berencana akan membuat tulisan tentang masa-masa sekolah kami di blognya, dia pernah cerita. Aku pun menanggapinya dengan semacam “Iwaw, ide bagus laaan!πŸ˜€ Aku mau juga ah bikin tulisan kayak gitu…” Tapi aku pikir, tulisannya memang hanya tentang masa-masa sekolah… Maksudku, ya tentang sekolah. Maka jelaslah, aku langsung terkejut saat melihat ada namaku tertulis di judul tulisan itu. And since i am a melancolist person, yes, as you can guess, i was melted. *berusaha untuk ga mengeluarkan emoticon*

Aku langsung excited untuk baca keseluruhan tulisannya. Ga perlu dipertanyakan lagi, kalau soal menulis, Lani jagonya. She is the best writer i’ve ever known.πŸ™‚ Tulisannya apik. Di tulisan itu, Lani bercerita tentang kami, tentang persahabatan kami. Detail sekali. Bahkan dia masih ingat dengan bando dan warna bajuku saat daftar masuk SMP.. hihi.. ^^

Semula, aku juga berniat ingin membuat tulisan seperti itu juga, tentang kami, tentang masa-masa preklinik kami. Tapi setelah baca tulisan lani, what else can be told? Its been a whole story of us.. Just read it, and you’ll know about us..πŸ™‚

Mungkin yang akan aku tambahkan di sini, adalah tentang sosok si penulis.. Mutia Lailani.. heheπŸ™‚

Lani, bagiku adalah seorang sahabat terbaik, dengan segala definisi sahabat terbaik yang pernah dituliskan oleh para penyair.

Di balik itu, aku memandang Lani sebagai pribadi yang hebat. Dia berani. Dia selalu menjadi dirinya, berpegang kuat pada prinsipnya, dan selalu punya cara untuk memecahkan masalah yang ada di sekitarnya. Lani bilang dirinya introvert, namun terlepas dari itu semua, aku telah menjadi saksi hidup betapa hampir semua orang selalu senang berada di dekat Lani. Mungkin Lani sendiri ga pernah nyadar dan percaya, tapi aku pernah bilang sama Lani kalo dia itu adorable. Dia punya “daya tarik” sehingga orang-orang mau lengket sama dia. Tidak sedikit teman-teman yang menjadikan Lani tempat bertanya, meminta pendapat, atau hanya sekedar curhat, meminta didengarkan. Dan karenanya, kadang-kadang aku bisa cemburu juga.. Dulu bahkan aku sering mikir: “hey, ambil-ambil teman dina aja maa >:S” terus jadinya ngambek karna ngerasa Lani lebih perhatian sama teman yang lain.. Hha.. Sooooo childish!πŸ˜„ Tapi sekarang seiring bertambah dewasanya umur, kadar cemburuan itu alhamdulillah sudah jauh berkurang.. Malah jadinya bangga dan bersyukur punya sahabat kayak Lani.. Hhehehe ^^ Dan alhamdulillah, teman-teman yang dekat dengan Lani itu pun sekarang udah jadi sahabat baikku juga… Alhamdulillah..πŸ˜€

Kalo di bidang organisasi atau managerisasi, Lani itu orang yang sangat inisiatif, kreatif, solutif, dan punya leadership yang tinggi. Mungkin Lani ga sadar, dan aku ga pernah ungkapin ke Lani sebelumnya, tapi dari dulu aku selalu dapat merasakan bagaimana orang-orang di sekitar Lani akan merasa “semua insya Allah akan baik-baik saja” jika ada Lani. “Semuanya insya Allah akan beres” kalo Lani udah berkecimpung disana. Mengapa? Karena memang Lani adalah sosok yang sangat bisa diandalkan. Lani bisa membuat suatu masalah “jelas”, sehingga solusinya pun menjadi jelas. Lani punya kemampuan leadership yang mumpuni sehingga teman-teman di sekitarnya tau apa yang harus mereka kerjakan, sehingga suatu kerja tim itu akan selesai dengan baik. Lani itu kuat, tahan banting dengan segala tekanan yang sangat wajar ada di suatu organisasi. Ga heran, Lani banyak “diperebutkan” oleh organisasi2 di kampus.. Hehe.. Tahun 1 aja Lani udah masuk DPM, trus tahun 2 di BEM dan MRC (langsung jadi Kadept Kaderisasi!), Tahun 3 jadi Sekretaris MRC, dan lain lain, dan lain lain. Yap, Lani selalu bisa diandalkan. People trust her…πŸ™‚

Aku dan Lani, kami berdua memang saling melengkapiπŸ™‚ Lani anak sulung dan punya dua orang adik perempuan. Karenanya, dia tumbuh sebagai pribadi yang mandiri dan dewasa. Aku, anak bungsu dan punya 1 abang. Silahkan berspekulasi sifatku seperti apaπŸ˜‰ Sifat kami bisa dibilang sedikit berbentrokan. Namun jika Allah sudah menyatukan dua hati, maka siapakah yang bisa memisahkan? Maka jadilah kami berdua, sahabat sehilir semudik bersama-sama. Hha.. Pernah ada seorang motivator datang ke kampus kami untuk suatu kegiatan. Lani panitia dalam kegiatan itu, dan aku pesertanya. Di suatu kesempatan di luar kegiatan resminya, kami dan beberapa orang teman panitia lainnya berbincang-bincang dengan motivator itu. Beliau pun cerita-cerita tentang banyak hal. Dan yah, namanya juga waktu itu masa-masa kelabilan mahasiswa FK, hha, entah kenapa pembahasan mulai menjurus ke arah “jodoh”. Pas sampai giliran aku dan lani, motivator itu pun celetuk. Lani itu cocoknya sama orang yang kayak dina. Dan dina itu cocoknya sama orang yang kayak lani.. Dan itu iwaw banget buat aku. Bukan karena masalah jodohnya, tapi karena “kok bisa beliau menilai aku dan lani memang cocok satu sama lain, padahal beliau baru pertama kalinya ketemu sama aku waktu itu” (kalau sama lani udah ada beberapa kali, karena lani panitianya). Ya, mungkin memang kami ini “berjodoh” dalam persahabatan ini… Alhamdulillah.. :’)

Tentang masalah hati, seperti yang sudah Lani ceritakan di blognya, alhamdulillah kami sudah berprinsip tidak mau pacaran bahkan sejak sebelum kami memakai hijab.. Dan jadilah sekarang kami sangat bersyukur telah hidup 20 tahun menjomblo.. Kami sadar, Allah-lah yang punya kuasa hingga masa-masa remaja kami bisa terjaga seperti itu.. Siapakah pula yang dapat memantapkan hati dua orang remaja putri yang secara fisiologis normal merasakan getaran hati, ada kecenderungan pada seseorang, namun tetap bertekad untuk menjaga kehormatan diri dengan tidak pacaran.Tentu saja Allah yang telah menjaga kami, melalui keluarga yang juga penuh penjagaan terhadap kami.. Dan kami mensyukurinya.. :’) Hingga tiba masanya kelak, insya Allah suami kami akan menjadi “the first one” buat kami masing-masing, insya Allah.. :’)

Nah, sekarang bicara tentang masa depan..πŸ™‚ Akhir-akhir ini, masa depan merupakan topik yang mulai sering kami bahas dengan excited… Lani, sangat menyukai bidang Ilmu Fisiologi, dan bercita-cita untuk menjadi dosen di bidang Fisiologi. Dan dia bersungguh-sunguh tentang hal ini. Lihat saja skripsinya. Sebagai angkatan pertama yang memulai skripsi lagi, memilih topik skripsi dengan rekan penelitian berupa tikus, adalah suatu hal yang “iwaw”. Selama sebulan lani bolak balik setiap hari ke Laboratorium Farmasi di Unand Limau Manis untuk mengerjakan penelitiannya yang merupakan bagian Ilmu Fisiologi itu. Dia kerjakan dengan sabar dan semangat. Hingga akhirnya membuahkan hasil yangΒ berkah. Ya, bagiku, hendaknya dalam setiap doa kita, bukan hanya “sukses” yang kita minta, namun juga “keberkahan”… Sebagaimana lani, skripsinya sukses dengan nilai A. Tapi tidak hanya itu, ada keberkahan disana.. Apa itu? Pembimbing Lani (seorang Profesor di bidang Fisiologi, seorang wanita yang hebat, yang juga merupakan dosen favoritku sejak tahun 1 ^^) sangat puas dengan hasil kerja lani, dan bahkan menawarkan lani untuk langsung jadi dosen di Fisiologi setelah tamat dokter. Subhanallah… Itu cita-citanya lani banget! :’) Semoga semuanya lancar, berkah, dan Allah ridhoi.. Aamiiin…πŸ™‚Β Aku sendiri, bercita-cita untuk menjadi seorang dokter spesialis saraf..πŸ™‚ Aku menyukai ilmu saraf… Bagiku menarik.. Dan alhamdulillah, mama dan papa pun mensupport aku untuk ambil Sp.S nanti insya Allah..πŸ™‚ Sebenarnya aku juga tertarik dengan Penyakit Dalam, Anak, dan terutama Obsgyn. Namun, sebagaimana kita tahu, ketiga bidang itu cukup menyita waktu. Dan bukankah tugas utamaku kelak adalah (insya Allah) menjadi seorang istri dan ibu? Di tengah kebingungan memilih itu, mama pun memberikan pertimbangannya. Beberapa tahun dinas di Poli Saraf, membuat mama bisa memberikan gambaran kepadaku tentang ilmu saraf dan kesibukan spesialisnya. Menurut mama, insya Allah menjadi Sp.S tidak akan terlalu menyita waktu dalam menjalankan kewajiban kita sebagai seorang perempuan. Dan ilmu saraf itu juga menarik. Maka sampai saat ini, insya Allah aku berniat kelak akan melanjutkan ke spesialisasi saraf. Namun tentu, Allah yang punya segala kuasa.. Toh masa itu masih beberapa tahun lagi. Sekarang kita berencana saja dulu, dan berikhtiar saja semampu kita, serta berdoa selalu..πŸ™‚

Seperti yang lani sebutkan di blognya, alhamdulillah sekarang kami diberi rahmat oleh Allah untuk bisa melanjutkan koas bersama-sama.. Insya Allah, tanggal 18 Februari besok akan jadi hari pertama kami memakai baju koas secara resmi… :’) Mohon doanya juga, agar kami bisa kembali bersama-sama tamat Yudisium Dokter Gelombang I.. Aaamiiiin..Β πŸ™‚

Dan sebagaimana doa yang selalu kami dendangkan, semoga kelak kami akan dipertemukan lagi sebagai sahabat di surga Firdaus-Nya… Aamiiin..

Na uhibbuki fillah aidhan lan.. :’)

4 thoughts on “A girl named Lani… My very best friend… :)

  1. assalamualaikum, Dina..
    I really really adore your friendship with Lani. both of you are inspiring for whoever read this. I hope someday I’ll find my true-mate too..

    • Wa’alaikumussalam wr wb devtaaa..
      Aa… devta.. thank you so much.. :’)
      Smga bermanfaat ya devta..
      Aamiiin… ya Rabbal ‘alamiin.. surely you’ll find her someday.. ^^

Leave a Reply

