Begini,


Suatu saat, kita akan merasakan, berkontak dengan seseorang, dan yang kita dapatkan hanyalah bentakan.

Kesal pasti.

Tapi dengan sabar, mari lihat lagi. Mungkin bentak, adalah satu-satunya caranya lepas dari belenggu masalah yang menggerogoti. Dan tertakdir, kita tengah membersamainya.

Maka dengar saja. Diam saja. Dan coba saja untuk memahaminya.

Suatu saat, kita mungkin akan mengalami, saat kita hanya ingin mengungkapkan pendapat, dan yang kita dapatkan hanyalah bantahan. Disalahkan.

Lalu kita akan bertanya, sejak kapan dan dari pojok mana di bumi ini ada hukum kita tak boleh berpendapat?

Tapi dengan sabar, mari dengar lagi. Mungkin bantahan dan menyalahkan itu, hanya karena ia telah terbiasa menerima penyerangan. Bukankah aksi sama dengan reaksi? Reaksi atas aksi yang telah dahulu menerpa.

Maka dengar saja. Senyum dan cermati saja. Dan coba untuk mengiyakan sementara. Sambil insyafi, apa memang pendapat kita ada salahnya.

Di dunia ini, memang akan ada orang-orang yang terlalu reaktif, radiatif. Dan dalam radius tertentu kebersamaan kita dengannya, kita akan terpapar, dan mengenal sedikit sisi hidup yang tak pernah kita rasa.

Klise memang. Namun tak ada salahnya, kita coba alihkan fokus, dari ego yang bersentral pada diri pribadi, beralih ke pihak yang tengah berkicau. Mereka seperti itu, mungkin karena hidupnya tak juga mulus. Mungkin karena dunia yang terlalu merongrong. Karena beban yang mereka tanggung tidaklah sesederhana yang kita kira. Karena cita-cita yang mereka impikan sedari dulu, sampai kini tetap hanya masih oretan di atas buram.

Jadi mari, dengar saja. Senyum. Coba menghargai mereka. Dan buat mereka yakin, bahwa masih akan selalu ada harapan di setiap pagi. Bahwa akan selalu ada malam yang membawa duka pergi. Bahwa mereka tidak harus membentak sekeras itu. Menyalahkan sengotot itu. Karena masih ada, yang mau memahami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s