Melankolis


Ga tau sejak kapan, aku semacam merasa jadi orang yang melankolis banget. Mudah kebawa suasana. Walaupun memang ga di semua aspek kehidupan dan penghidupan sih. Tapi untuk beberapa hal yang sudah terlanjur melekat di hati, kendali diri kadang udah ga kenal rasionalitas lagi. Suatu hal bisa saja mempengaruhi hidupku selama beberapa jam, beberapa hari, beberapa minggu, atau bahkan beberapa bulan ke depan. Mungkin, sebenarnya semua orang begitu. Mungkin, sebenarnya ga ada yang aneh dengan itu. Ya, mungkin aku cuma terlalu melankolis sehingga menganggap diriku melankolis.#AhSudahlah.

Tapi memang, kali ini aku cuma mau bilang, aku kangen KKIA. Aku kangen NM yang dipimpin sama Kak Tia. Aku kangen NM KKIA. Aku kangen Kak Tia.. Aku kangen teman-teman di dalamnya… Aku kangen diskusi hangat penuh canda bersama mereka… Aku kangen sama emot-emot lucu mereka… Aku kangen sama semangat ghirah yang berkobar-kobar menyala setiap kali selesai NM KKIA… Aku kangen… Aku benar-benar kangen… Dan saat aku kangen, mataku ga bisa dilarang untuk terkaca-kaca (arti: tidak sengaja berkaca-kaca). Aku benar-benar kangen…

Aku bukannya staf yang sempurna. Kalo dipikir-pikir, bikin kesel Kak Tia mungkin udah ga terhitung lagi jumlahnya dengan asbabun-nuzul-kesal yang bermacam-macam. Mulai dari ga rutin bikin notulensi rapat. Kurikulum lama banget siapnya. Dan jangankan meramaikan, ngisi website FULDFK aja ga pernah. Padahal udah dibikin piketnya. Dan lain lain, dan lain lain. Ya.. Begitulah..

Mungkin bener ya, kita memang ga boleh terlalu suka sama sesuatu, atau terlalu benci sama sesuatu. Karena di dunia yang fana ini, ya semuanya memang fana. Kita akan berpisah pada akhirnya. Dan di perpisahan itu akan selalu ada dua sisi mata pedang yang sama-sama tajam, yaitu kesyukuran dan keharuan. Bersyukur karena pernah bersama, mengharu biru karena tak lagi bersama. Ini persis sama dengan saat aku dulu meninggalkan IMC FSKI.. Bersyukur karena pernah bersama-sama pejuang-pejuang IMC yang tangguh.. Mengharu biru karena ga bisa lagi sok ngebos nagih tugas-tugas yang di-PJ-in ke IMC’ers.. hehe :p *Ga kok.. Becanda dink! :p* Birunya ya karena itu, berpisah..

Tapi harusnya aku yakin dan benar-benar ga boleh lepas dari rasa yakin ini, bahwa orang-orang yang saling menyayangi karena Allah kelak akan dikumpulkanNya di akhirat, di bawah naungan menara-menara cahaya yang tinggi menjulang.

Oleh karena itu, mungkin inilah saatnya aku mengikhlaskan KKIA. Mengikhlaskan perpisahan dengan 1 tahun penuh arti bersama mereka. Dan berharap Allah akan ridha dengan semua yang telah kami ikhtiarkan. Cukup Allah yang membalas semuanya. Dan kuharap salah satu balasanNya adalah dengan mengumpulkan kami lagi kelak bersama-sama di surga, yang jelas ga perlu pake NM lagi, hehe. Amiiiin… :’)

Dan kini saatnya aku menyapa sahabat baruku…🙂 Sahabat baru yang aku belum sempat terlalu lama berkenalan dengannya… Namun harus segera mengakrabkan diri dan membersamainya selama setahun ke depan..🙂 Sahabat baru, bernama IT… Takkan ku anak-tirikan dia hanya karena aku pernah merasakan indahnya di KKIA. Dia sahabat baruku… Amanahku… Yang entah mungkin justru dengan inilah kelak aku akan dapat bersandar di atas permadani yang bagian dalamnya dari sutra tebal, dapat memetik buah-buahan sungguh dari dekat, dan merasakan seolah bahkan tidak pernah mengenal atau tahu apa arti kata “sedih” itu. Semoga.. Insya Allah…🙂

Untuk itu, aku perlu banyak belajar lagi… Belajar untuk mengemban amanah yang baru ini dengan sebaik-baiknya. Belajar untuk tidak mengeluh dan berputus asa. Belajar untuk memperbaiki hal-hal yang harus diperbaiki dari diri ini. Dan belajar, untuk tidak terlalu melankolis lagi…🙂 Karena insya Allah, kelak aku akan berkumpul dengan semua orang, semua hal, semua apapun yang pernah aku sayangi di dunia ini… Amiiin.. Ya Rabbal ‘alamiiiin…

Saksikanlah Ya Allah… Ini semua sungguh, hanya untukMu… Bismillah. Kuhadirkan Engkau dalam setiap helaan nafasku. Lillah, Fillah, Ma’allah.

Leave a Reply

