Mendewasanya aku bersama ABC


Aku selalu percaya bahwa menulis adalah suatu aktivitas yang tujuan dan fokus utamanya bukan pada si Pembaca, melainkan pada si Penulis. Setidaknya, begitulah yang kupahami. Penulis menulis bukan karena ingin memuaskan keinginan pembacanya, tapi untuk mengekspresikan pikiran, perasaan, pendapat, atau apapun yang ingin dia utarakan. Its about express, not impress. Selain karena itu, bagiku pribadi, menulis dalah suatu proses pendewasaan. Aku berupaya mendewasakan diriku dengan menulis. Mendewasa bersama dengan segala macam pergolakan hati dan pikiran yang mengiringinya. Mendewasa dengan lecutan-lecutan pikiran gagasan ide dan pemahaman baru yang mungkin baru aku pahami dengan baik justru saat tengah menuangkannya dalam bentuk tulisan. Bagiku, menulis, adalah proses pergumulan hati pikiran pribadi. Dengan harapan akan ada yang aku pelajari dari sana.

Leave a Reply

