Translating…


Ini tentang salah satu kegiatan baruku.. Menerjemah..🙂

Bahasa Inggris.. Aku belum ahli bahasa ini.. Belum.. Aku hanya suka.. Aku hanya suka mempelajarinya.. Pada dasarnya, aku suka bahasa.. aku suka belajar bahasa.. English, Nihonggo, Deutsch, Lughatul Arabiyyah, dan tentunya bahasa Indonesia.. Aku hanya suka.. belum ahli.. Maka saat seorang temanku menanyakan apakah aku bersedia menerjemahkan suatu jurnal dalam bahasa inggris ke bahasa Indonesia, aku sontak menolak.. gugup.. ga pede.. dan aku menyarankannya menghubungi temanku yang lain..Setelah itu, sejenak ada sedikit sesal.. kenapa ga diterima aja ya.. Tapi karena sudah terlanjur, ya sudah, aku ikhlaskan saja..

Tapi jodoh siapa yang tahu… Allah menakdirkan temanku itu menghubungiku lagi untuk menanyakan ulang tentang tawaran tadi.. Kali ini kucoba untuk memantapkan hati.. Menancapkan keyakinan.. Bukankah Allah-ku Yang Maha Pintar? Bukankah selama ini aku selalu bilang: Kalau kita tidak tahu, ya tanyakan saja kepada Yang Maha Tahu… Maka dengan bismillah kuterima tawaran itu, dan kukerjakan proses penerjemahan itu.. Ternyata cukup sulit.. Tidak segampang menerjemahkan komik Detective Conan yang biasa aku baca online.. Tapi alhamdulillah, dengan bantuan uda ku, akhirnya selesai juga terjemahan jurnal itu..

Itulah pengalamanku yang pertama…

Setelah itu.. Cukup lama juga.. Akhirnya tawaran kedua datang.. Sebenarnya alhamdulillah banget.. Tapi waktu itu aku benar-benar H-sekian ujian blok.. Dan aku mau fokus dulu ujian blok.. Jadilah aku tolak tawaran itu.. Ya.. mungkin belum rezekiku..

Tapi alhamdulillah.. tak lama berselang, tawaran itu datang lagi.. Kali ini memang tugas-tugas lain juga sedang heboh-hebohnya.. Itu H-sekian sebelum aku seminar skripsi.. Mama juga lagi banyak tugas yang perlu aku bantu untuk mengetiknya.. Tapi hatiku berkata  aku harus terima tawaran itu.. Insya Allah.. Bismillah.. Akhirnya aku terima.. Dan jadilah hari-hariku kembali diisi dengan proses penerjemahan.. Selang-seling dengan persiapan skripsi dan tugas mama… Alhamdulillah.. akhirnya selesai juga..

Aaaa.. Rasanya seneeeeng banget bisa punya side job ini.. hehe.. mudah-mudahan insya Allah bisa berkembang (hehe).. amiiin… Memang aku belum profesional.. Tapi ga ada salahnya kan mencoba? Just try the best and let Allah decides the rest..🙂

Leave a Reply

