Sepenggal Cerita tentang Dia. Dialah Skripsi. :) (Part 1)


Sudah sekian bulan aku berkutat dengan satu sesi kehidupan yang paling banyak menggalaukan para mahasiswa. Dialah skripsi. Di kampusku, angkatan 2009 alias dorland-ku ini adalah angkatan pertama yang kembali menjalani program penulisan skripsi setelah 5 tahun vakum akibat transisi kurikulum. Memang, semenjak kurikulum pendidikan kedokteran bergeser ke Problem Based Learning atau PBL pada tahun 2004, kampusku tidak lagi memberlakukan skripsi sebagai syarat kelulusan S1 kedokteran, alias S.Ked. Alasan pastinya aku juga tidak tahu, tapi menurutku hal itu wajar, mengingat pendidikan kami belum selesai hanya sampai S.Ked. Setelah preklinik, kami masih harus menjalani kepniteraan klinik alias co-ass di rumah sakit pendidikan RSUP Dr. M. Djamil. Agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang co-ass tersebut, ada ujian kompre dan ujian OSCE yang harus dijalani oleh setiap mahasiswa. Setelah lulus kedua ujian tersebut lah mahasiswa berhak menjadi co-ass.

Nah.. Akhirnya setelah 5 tahun skripsi menghilang dari kehidupan mahasiswa kampusku, kini dia kembali lagi. Tak lain tak bukan, angkatanku lah yang menjadi angkatan pertama pasca vacum. Sejak awal tahun tiga, kami sudah dibekali dengan kuliah pembekalan skripsi, hingga sampailah kami harus menentukan judul skripsi yang kami minati, menghubungi pembimbing skripsi, menyusun proposal penelitia skripsi, hingga sekarang satu per satu sudah maju untuk ujian skripsi. Alhamdulillah, 2 orang temanku juga sudah selesai ujian hasil penelitiannya.

Lalu bagaimana denganku? hehe.. Baiknya aku ranumkan semua yang harus kuselesaikan sampai titik terakhir aku disidangkan. Baru setelahnya kutuliskan tentang skripsiku..
Tapi yang jelas, aku merasakan banyak hikmat dan pelajaran yang dapat kupetik dari skrispi ini. Tidak hanya ilmu kedokterannya saja, tapi juga “ilmu kehidupan”nya.
Semoga skripsiku dapat berjalan dengan lancar dan sebaik-baiknya… Dan semoga apa yang kutulis dan ku teliti dapat menjadi manfaat bagi siapa saja.. Amiiin.. Ya Rabbal ‘alamiiin…

Khairunnas anfa’uhum linnas… Fastabiqul khairat…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s