Cerdas Indonesiaku…


Entah kenapa, beberapa minggu belakangan semangat nasionalisme dina agak lebay lebay ria.. h h..

dimulai dari keberhasilan Timnas (#love.this.so) menggaet piala perak AFF kmaren, sampai dengan keterpukauan dina sama orang2 cerdas kepunyaan Indonesia yang na tonton di Kick Andy Jum’at, 7 Januari 2011 kemaren..

Seperti biasa, Kick Andy emang selalu punya topik menarik yang sayang banget buat dilewatin… Termasuk topik kemaren malam yang ngebahas tentang para pemenang Eagle Award 2010, dengan tema Cerdas Indonesiaku…  (Keren ya nama temanya.. kalo yang tahun 2009 kalo ga salah “Indonesia Kreatif”..) Secara dina juga suka berat ama film2 keluaran Eagle Award (karena kualitasnya yang mumpuni), ya wajar lah na langsung nangkring di depan TV buat nonton Kick Andy…

Kelima finalis Eagle Award 2010 dibahas dalam Kick Andy episode ini… Meraka antara lain (Na ambil dari website Eagle Award (http://www.eagleawards-doc.com/index.php):

1. Beasiswa Ala Bajo

Sutradara: Tomy Almijun Kibu & Rosniawanti Fikri Tahir

Asal daerah: Kendari, Sulteng

Ide cerita:

Mengisahkan proses pemberian beasiswa ala masyarakat suku Bajo yang dilakukan secara swadaya oleh komunitas Bajo untuk membantu anak2 suku Bajo melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi…

2. Dongen Ajaib

Sutradara: Budiyanto & Elsha Parawira Putri

Asal daerah: DKI Jakarta

Ide cerita:

Mengangkat metodologi dongeng sebagai sarana mencerdaskan bangsa. Sebuah tradisi budaya bangsa yang telah lama ditinggalkan ini ternyata memiliki manfaat yang sangat besar bagi pendidikan anak dan menjalin hubungan yang lebih erat antara anak dan orang tua. Muhammad Aryo Farid Zidni (29 th) hadir untuk mendongeng dari satu taman baca ke taman baca yang lainnya secara cuma untuk mengatakan pada dunia bahwa mendongengdapat mencerdaskan anak bangsa.

3. Habibie dari Selokan Mataram

Sutradara: Dendi Pratama & Danang Cahyo Nugroho

Asal daerah:  Sleman, Yogyakarta

Ide cerita:

Mengisahkan seseorang bernama M. Toha, seorang pekerja percetakan yang dikenal karena keahliannya di bidang Aeromodelling & Robotic. M. Toha yang dengan komunitasnya “Seribu Bintang” menciptakan sebuah pesawat tanpa awak yang memiliki system navigasi dan dilengkapi dengan system UAV yang biasa digunakan untuk kepentingan riset, survey, atau sebagai pesawat mata-mata militer.

4. Hong

Sutradara: Yoyo Sutarya & Elsa Hari Akbar

Asal daerah: Bandung

Ide cerita:

Mengangkat kearifan lokal dari komunitas HONG. Sebuah komunitas yang mengajak anak-anak untuk kembali ke permainan tradisional. Karena permainan tradisional mempu meningkatkan motorik dan kreativitas anak.

5. Sekolah MASTER Anak Jalanan

Sutradara: Deny Surahman & Wiguna Satria

Asal daerah: Depok, Jawa Barat


Ide cerita:

Menceritakan sebuah sekolah gratis yang didirikan oleh Nurrohim (Pengumpul barang bekas) untuk anak jalanan dan masyarakat yang kurang mampu. Sekolah bernama PKBM Yabim yang didirikannya sejak tahun 2001 dan terletak di belakang terminal Depok hingga kini telah memiliki hampir 1500 murid dari mulai SD, SMP, & SMA, serta sejumlah prestasi yang berhasil diraih oleh murid-murid dari sekolah tersebut.

Dari kelima film itu, na paling salut sama…. sama…. sama yang mana ya???? sama semuanya deh!!! soalnya emang semuanya menceritakan tokoh2 yang luar biasa…

Na benar2 terkesima dengan tokoh2 dalam film2 itu.. tokoh2 itu bukanlah tokoh2 khayalan.. mereka nyata.. merekalah bukti nyata, bahwa masih ada orang-orang berotak cerdas berhati emas yang benar2 peduli pada ilmu, pendidikan, budaya, dan nilai-nilai agama seperti itu, di Indonesia… Masih ada, ternyata, orang-orang yang dapat diharapkan untuk membangun Indonesia ini.. #Benar kan… Memang saatnya Indonesia bangkit! bentar lagi, insya Allah!!! AMIIIIIIN….

Na kagum sama Pak Habibie dari Selokan Mataram… Begitu cerdas nya beliau… Pun tetap rendah hati… =) “Habibie” bernama asli Toha ini kalo ga salah cuma sekolah ampe semester 1 kuliah… (kalo ga salah…) Tapi cerdasnya luar biasa.. Dan kepercayaan dirinya bahwa dirinya bisa berkarya, juga luar biasa… Benar2 bikin na ber-evaluasi.. “Nikmat Allah mana lagi yang kamu dustain, Dina??? Ini udah duduk di Kedokteran,, tingga baraja se lai nyeh,, masih maleh juo baru… facebook2 juo baru… tutorial sambarang kanai se… Masya Allah… T.T” Satu hal lagi yang bikin na salut… Ternyata Pak Toha ini punya lab pribadi di rumahnya.. Bukan Lab parasitologi yang penuh trematoda atau cestoda… Bukan Lab farmakologi tempat dia bereksperimen menciptakan obat kanker… Bukan Lab Anatomi tempat ia membedah satu demi satu lapisan kulit manusia… Tapi Lab Aeromodelling & Robotic! MAKIN PENGEN JADI MAHASISWA TEKNIK MESIN !!! (Efek nonton Iron Man & Transformers Mode :ON!!!) Lab nya itu penuh dengan pernak pernik yang dia bikin sendiri… penuh dengan pesawat-pesawat tanpa awak, tricopter, dan semacam pesawat lainnya yang dibikin dari alat-alat sederhana yang bisa didapatkan di lingkungan terdekat.. paling jauh juga toko listrik atau toko besi doang.. Keren ya… Don’t judge the book from the cover banget deh…

Ada lagi cerita tentang Dongeng Ajaib… Ternyata emang bener, dongeng itu adalah suatu metode pengajaran yang efektif buat anak2… Mereka yang biasanya ributnya bukan main… Ga bisa duduk manis… Selalu lari kesana kemari… Ternyata bisa jadi anak2 manis yang terpukau dengan paduan kata-kata unik yang masih jarang mereka dengar, dinamika intonasi pada setiap part-cerita, serta dengan nilai-nilai yang ada dalam cerita tersebut… Salah satu contoh nyatanya bisa teman2 baca disini… http://mutiaraparamitha.blogspot.com/2010/10/ibu-apa-hari-ini-ada-dongeng-lagi.html

Sedangkan Hong,,, bercerita tentang sutau komunitas yang “memperkenalkan” kembali permainan2 rakyat yang jumlahnya luar biasa banyak di Indonesia.. kalo ga salah,, di 3 provinsi *Jabar, Jateng(atau Jatim ya?? lupa..), n Lampung aja, jumlah mainan dan permainan rakyatnya udah berjumlah 500-an… Dan masing-masingnya mengandung nilai-nilai kehidupan tersendiri.. Subhanallah.. Pas na denger keterangan dari si empunya Hong di Kick Andy,,, na jadi tersepona dengan makna yang ada di balik “hom pim pa alaihum gambreng…” dan permainan2 lainnya.. n tahukah Anda??? si empunya Komunitas Hong ini bukan asal ngarang cerita aja tentang makna2 permainan itu… Dia benar2 menelitinya secara ilmiah! Seacar ini bahan thesisnya !!! Subahanallah ya… Berawal dari thesis,, yang memang akan dibuat oleh semua orang yang ngambil S2,, jadilah suatu karya yang sangat bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.. terutama bagi pendidikan anak2 Indonesia saat ini… yang telah terlalu banyak disuguhkan permainan.modern.dengan.NOL.hikmah…. Bisakah suatu saat dina juga berbuat hal yang sama??? Menerapkan ilmu yang dipunyai pada hal2 aplikatif yang benar2 bermanfaat bagi sekitar… I really do hope so… amiiin…. Ya Allah… Insya Allah….

Dan ga kalah mulianya,,, seorang warga Depok yang membangun sekolah MASTER a.k.a MASjid TERminal… Yap,, dia bikin sekolah gratis untuk anak2 jalanan n anak2 kurang mampu lainnnya yang ingin bersekolah di lingkungan Masjid Terminal Depok… Dia pakai biaya pribadi buat memenuhi operasional dari sekolah gratis ini… padahal kehidupannya sendiri juga tidak bisa dibilang “kaya”.. tapi begitulah… Tidak kaya di harta… Namun kaya di amal jariyah dan ilmu yang bermanfaat.. yang akan jadi pahala yang tak putus2 baginya hingga kelak di Padang Mahsyar… amiiiiin…. #ingin.sekali.seperti.beliau….

Ya… masih bayak lagi himah-hikmah yang bisa na ambil dari episode Kick Andy Jum’at kemaren… It was so inspiring…

Na bertekat,, sekarang na harus belajar dengan tekun dan benar2 memahami ilmu kedokteran ini dengan sebaik2nya… Mungkin memang,, sekarang na belum punya duit buat bangun sekolah gratis, ga punya kemampuan mengajar yang baik untuk menjadi seorang guru/pendongeng, ga sepandai Pak Habibie ataupun Pak Toha yang bisa bikin pesawat… Tapi na akan jalankan peran na saat ini dengan sebaik2nya… yaitu sebagai mahasiswa.. penuntut ilmu… yang nantinya ilmu ini akan na gunakan sebisa dina agar jadi orang yang bermanfaat bagi sesama… Amiiin… Ya Rabbal ‘alamiiiiin….

Akhir kata,, KEEP SAMANGAAIIIIKKK!!!!! \^^/

4 thoughts on “Cerdas Indonesiaku…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s